Rabu, 10 Agustus 2016

Alam

Salam... Ini saya dengan blog perdana saya. Disini yg akan saya tulis ialah tentang bagaimana kita sebagai manusia bisa menjadi manusia yg ber-ilmu dari tidak mempunyai ilmu sama sekali. Langsung saja saya akan memberitahukan beberapa langkah menuju ilmu yg tinggi mengenai alam yg sangat berhubungan dengan insting kita manusia. Disni saya tidak menyalahkan sekolah, atau buku-buku yg sudah Anda baca, tapi disini saya hanya akan menyampaikan betapa luarbiasanya insting kita manusia dalam menanggapi segala hal di alam ini.

Beberapa langkah itu ialah :

  • Sebelum kita menyadari yg bahwa kita bisa melakukan banyak hal yg berguna, tentunya kita sudah lebih dulu belajar apa yg akan kita lakukan nantinya. Sebut saja kita sudah bisa menargetkan satu kelereng dari jarak puluhan cm (centi meter) di umur 8 tahun. Dan itu bisa kita lakukan tanpa adanya sekolah atau buku khusus yg mengajari kita. Apa itu??? Itu adalah insting. Yg pertama kita harus mampu merasakan insting kita sendiri ketika akan melakukan sesuatu. Ingat....!!! RASAKAN insting kita sendiri.
  • Yg kedua kita jangan mudah mengikuti atau meng-idolakan tokoh-tokoh hebat dunia. Kenapa??? Karna disini kita punya kebebasan dalam menentukan kita harus jadi siapa...!! Saran saya akan lebih baiknya jadi diri kita sendiri saja. Kita pahami sedikit-demi sedikit potensi kemampuan kita sendiri akan mengarah kemana nantinya? Dengan begitu kita akan bebas dari sebutan-sebutan penjiplak (plagiator). 
  • Ketiga pelajarilah semua ilmu yg berguna tidak dari orangnya, tapi dari ilmu itu sendirinya. Maksud tidak dari orangnya  disini ialah misal kita suka bermain musik, jangan belajar terlalu jauh dan ingin menjadi seperti orang yg mempelajari kita itu. Sebut saja orang yg mempelajari musik itu ialah Ahmad Dhani. Disini kita salah besar jika ada pemikiran untuk jadi seperti dia. Yg benarnya ialah kita mempelajari musik dari ilmu musik itu sendiri jangan sampai hilang fokus sehingga ingin menjadi Ahmad Dhani.
  • Pada point keempat kita jangan begitu terlena dengan keindahan produk-produk luar negeri. Salah satu contoh, misal kita membutuhkan alat komunikasi yg baik atau sekarang sedang nge-tren sebutan handphone pintar (smartphone). Kita tidak perlu terlena dengan prodduk-produk terbaru dari teknologi tersebut, cukup dengan memiliki satu unit handphone saja terserah menurut kebutuhan kita sendiri. Dan ketika kita sudah mempunyai satu unit itu, kita wajib tahu kemampuan HP yg kita miliki secanggih apa? Karna dengan kita tahu kemampuan teknologi yg kita miliki, kita pastinya tidak akan mudah terkecoh dengan produk-produk terbaru dari teknologi tersebut. Yg terpenting kita pahami dulu dengan jelas apa kebutuhan kita yg sebenarnya berguna bagi kita sendiri dan orang-orang disekitar kita. 
  • Dan yg ke lima, selalu pusatkan pikiran disetiap hari-hari yg kita jalani. Untuk melatih fokus pikiran kita. Saya menganjurkan Anda sering-sering berburu dengan menggunakan senapan angin atau busur jangkar (panah). Itu akan melatih Anda dalam hal ketegasan putusan dan memusatkan satu titik objek tertentu disetiap pilihan anda. Dengan begitu kita tidak akan plin-plan dalam memilih keputusan. Dan itu juga sangat berguna bagi kita untuk kehidupan yg lebih baik dan tegas.
  • Ke-enam rajinlah mencari ilmu dari alam, jangan dari sekolah-sekolah tinggi yg hanya meberikan kisi-kisi kata kunci dari ilmu yg kita cari. Saran saya carilah ilmu-ilmu dari alam semesta ini. Orang-orang eropa sudah lebih dulu mnyadari akan hal ini, mereka selalu menyesuaikan setiap apa yg dilalkukannya dengan alam, makanya mereka terlihat begitu teratur dalam segala hal. 
  • Yg terakhir, sadarilah betapa luarbiasanya kita hidup sebagai manusia di dunia ini. Jangan mudah putus asa akan apa yg terjadi. Sadarlah kita punya kebabasan untuk berguna di dunia ini.
Demikianlah beberapa langkah menuju ilmu yg berguna dari saya. Maaf jika ada yg salah....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar